Pengertian dan Sejarah komputer


Apasih komputer itu ?


   Banyak sekali orang berbicara masalah komputer, dan banyak dari merekan yang sudah menggunakan perangkat elektronik yang satu ini, akan tetapi tidak sedikit orang bertanya mengenai  "apa itu komputer  ? "

Pengertian Komputer

Istilah komputer sendiri diambil dari bahasa asing ( Inggris ) yaitu to compute yang mempunyai pengertian menghitung, sementara dalam bahasan latin disebut dengan computare. Secara konsep dasar komputer adalah perangkat elektronik yang dapat melakukan perhitungan operasi aritmatika, jadi apabila sobat menemukan perangkat elektronik yang dapat menghitung seperti kalkulator, handphone, smartphone dan lain sebagainya yang bisa mengerjakan perhitungan aritmatika, perangkat tersebut masuk dalam kategori komputer juga.

Saat ini, komputer sudah semakin canggih. Tetapi, sebelumnya komputer tidak sekecil, secanggih, sekeren dan seringan sekarang. Dalam sejarah komputer, ada 5 generasi dalam sejarah komputer antara lain :


Generasi pertama (1940-1956)


Komputer UNIVAC dan ENIAC adalah contoh perangkat komputasi generasi pertama. UNIVAC adalah komputer komersial pertama yang dikirim ke klien bisnis, Biro Sensus AS pada tahun 1951

Sistem komputer pertama menggunakan tabung hampa untuk sirkuit dan drum magnetik untuk memori, dan sering kali sangat besar, mengambil seluruh ruangan. Komputer-komputer ini sangat mahal untuk dioperasikan dan di samping menggunakan banyak listrik, komputer-komputer generasi pertama menghasilkan banyak panas, yang sering menjadi penyebab malfungsi.

Komputer generasi pertama mengandalkan bahasa mesin, bahasa pemrograman tingkat terendah yang dipahami oleh komputer, untuk melakukan operasi, dan mereka hanya bisa menyelesaikan satu masalah pada satu waktu. Dibutuhkan waktu beberapa hari atau bahkan beberapa minggu bagi para operator untuk menyiapkan masalah baru. Masukan didasarkan pada kartu berlubang dan pita kertas, dan output ditampilkan pada hasil cetak.

Generasi Kedua (1956-1963)



Dunia akan melihat transistor menggantikan tabung hampa di komputer generasi kedua. Transistor ditemukan di Bell Labs pada tahun 1947 tetapi tidak terlihat digunakan secara luas di komputer sampai akhir 1950-an.

Transistor jauh lebih unggul dari tabung hampa udara, memungkinkan komputer menjadi lebih kecil, lebih cepat, lebih murah, lebih hemat energi dan lebih dapat diandalkan daripada pendahulu generasi pertama mereka. Meskipun transistor masih menghasilkan banyak panas yang membuat komputer rusak, itu adalah perbaikan besar atas tabung hampa udara. Komputer generasi kedua masih mengandalkan kartu berlubang untuk input dan hasil cetak.

Contoh komputer generasi kedua : IBM 1620, IBM 7094, CDC 1640, dan UNIVAC 1108


Generasi Ketiga (1964-1971)


Pengembangan (IC) atau sirkuit terpadu adalah ciri dari generasi ketiga komputer. Transistor miniatur yang ditempatkan pada chip silikon, yang disebut semikonduktor, yang secara drastis meningkatkan kecepatan dan efisiensi komputer.

Alih-alih melubangi kartu dan mencetak, pengguna berinteraksi dengan komputer generasi ketiga melalui keyboard dan monitor dan dihubungkan dengan sistem operasi, yang memungkinkan perangkat untuk menjalankan banyak aplikasi yang berbeda sekaligus dengan program pusat yang memantau memori. Komputer untuk pertama kalinya menjadi dapat diakses oleh audiens massal karena mereka lebih kecil dan lebih murah daripada pendahulu mereka.

Contoh komputer generasi ketiga :IBM-360 series, Honeywell-6000 series, dan TDC-316

Generasi Keempat (1971-1980)




Mikroprosesor membawa generasi keempat komputer, karena ribuan sirkuit terintegrasi dibangun ke chip silikon tunggal. Apa yang pada generasi pertama diisi seluruh ruangan sekarang bisa muat di telapak tangan. Chip Intel 4004, dikembangkan pada tahun 1971, menempatkan semua komponen komputer — dari unit pemrosesan pusat dan memori hingga kontrol input / output — pada satu chip.

Pada tahun 1981 IBM memperkenalkan komputer pertamanya untuk pengguna rumahan, dan pada tahun 1984 Apple memperkenalkan Macintosh. Mikroprosesor juga pindah dari ranah komputer desktop dan ke banyak area kehidupan karena semakin banyak produk sehari-hari mulai menggunakan mikroprosesor.


Ketika komputer kecil ini menjadi lebih kuat, mereka dapat dihubungkan bersama untuk membentuk jaringan, yang akhirnya mengarah pada pengembangan Internet. Komputer generasi keempat juga melihat perkembangan GUI, mouse dan perangkat genggam

Contoh komputer generasi keempat :DEC 10, STAR 1000, PDP 11




Generasi Kelima (1980-Sekarang)

Perangkat komputasi generasi kelima, berdasarkan kecerdasan buatan, masih dalam pengembangan, meskipun ada beberapa aplikasi, seperti pengenalan suara, yang digunakan saat ini. Penggunaan pemrosesan paralel dan superkonduktor membantu membuat kecerdasan buatan menjadi kenyataan.

Komputasi kuantum dan molekuler dan nanoteknologi secara radikal akan mengubah wajah komputer di tahun-tahun mendatang. Tujuan dari komputasi generasi kelima adalah untuk mengembangkan perangkat yang merespons masukan bahasa alami dan mampu belajar dan mengatur diri sendiri.

Contoh komputer generasi kelima :PC dekstop, Laptop, Notebook, dan Ultrabook.


Selain penjelasan di atas kalian juga bisa melihat video sejarah perjalanan komputer dari masa kemasa  Disini


dari penjelasan yang ada dapat disimpulkan fungsi dari komputer sebenarnya adalah alat yang dipakai untuk mengolah data menurut prosedur yang telah dirumuskan komputer pada awalnya dipergunakan untuk menggambarkan orang yang perkerjaannya melakukan perhitungan aritmetika, dengan atau tanpa alat bantu, tetapi arti kata ini kemudian dipindahkan kepada mesin itu sendiri Asal mulanya, pengolahan informasi hampir eksklusif berhubungan dengan masalah aritmetika, tetapi komputer modern dipakai untuk banyak tugas yang tidak berhubungan dengan matematika contohnya seperti bermain game dll. 


Komentar