berinteraksi dengan object pada unity engine (Pertemuan ke-4)



Pada tutorial kali ini kita akan mempelajari bagaimana cara berinteraksi dengan object pada unity engine.



 sebelum kita mulai ada beberapa hal yg dapat dilakukan untuk membuat intraksi objek yaitu:
  • Pasang script langsung pada object.
  • Pasang script pada object lain, lalu menggunakan fungsi untuk mencari object yang dituju.
langakah langkah yg harus kalian lakukan untuk membuat interaksi objek adalah:
  • Buatlah project baru di Unity  
  • Tambahkan sebuah Cube dengan cara klik menu GameObject -> 3D Object -> Cube.              Posisikan Cube agar berada di depan kamera.




  •  Beri nama cube tersebut dengan nama Kubus1. Caranya klik Cube pada tab Hierarchy, tekan F2 dan ketik namanya, atau bisa juga menggunakan tab Inspector dan ketik namanya di textbox paling atas.
  • Lakukan hal yang sama sehingga terdapat 4 buah kubus yang saling berdampingan dengan nama berbeda. Cara lain yang dapat dilakukan untuk menggandakan object adalah dengan duplikasi object (Ctrl+D), atau dengan klik kanan pada Cube di Hierarchy dan pilih Duplicate.





  • Tambahkan satu Tag baru dengan cara klik salah satu GameObject (manapun), lalu pada tab Inspector klik Tag dan pilih Add Tag…
  •  Klik tombol (+) dan masukkan Tag baru “Kotak1”.
 
 
 

  • Pilih Kubus4 pada Hierarchy dan ganti Tag-nya (pada Inspector) menjadi Kotak1. Kita akan menggunakan ini pada script nanti.
 

  • Berikutnya ubah proyeksi MainCamera (pada Inspector) menjadi Orthographic dan size menjadi 2
 
 
pada main camera kita memiliki 2 projection yg dapat di pilih yaitu:
 
1. Perspective : ini sama seperti dalam kehidupan kita, misalnya kamera atau mata kita yang melihat alam ini, arah pandang kamera menyebar, sehingga semakin jauh benda terlihat semakin mengecil. Lihat kubus saat proyeksi kamera perspective mengecil bukan?

2. Orthographic : ini sama seperti gambar blueprint, sketsa gambar arsitektur (yang bukan 3D), scanner, dll. arah pandang kamera lurus dan paralel, sehingga semakin jauh benda tetap terlihat sama seperti yang dekat. Lihat kubus saat proyeksi kamera orthographic baik dekat maupun jauh ukurannya sama bukan?
 
 
  • Selanjutnya buatlah script C# baru dan beri nama ScriptKubus.cs dan edit file menjadi seperti berikut




  • Pasang script tersebut pada Kubus1 dan centang pilihan Kubus 1
  • Selanjutnya ketik “Kubus2” pada parameter Pilih Kubus dan centang Kubus 2
  • Berikutnya ketik “Kotak1” pada parameter Pilih Tag dan centang Kubus 3
  • Terakhir klik browse (tombol bulat kecil) pada parameter Pilih Objek, pilih tab Scene dan pilih Kubus3, lalu centang Kubus 4





Setelah kalian mengikuti langkah-langkah diatas kalia bisa play unity nya dan lihat hasil yg terjadi. setiap kubus akan saling bergerak seperti berikut.




Sekian tutorial singkat ini mengenai berinteraksi dengan object pada unity engine , tunggu update selanjutnya semoga tutorial ini bermanfaat bagi kita semua.
 




In Collaboration With : Universitas Budiluhur
 
 
 
https://www.budiluhur.ac.id/
 




Komentar