Array, Class, dan Fungsi Looping Unity ( Pertemuan Ke-2 )



Pada tutorial kali ini kita akan mempelajari bagaimana cara menggunakan Array dan looping sebelum kita mulai kita harus mengetahui terlebih dahulu apa itu array dan looping.

Apa itu Array ?
Array adalah sekumpulan variabel yang memiliki tipe data yang sama dan dinyatakan dengan nama yang sama. Array merupakan konsep yang penting dalam pemrograman, karna array memungkinkan untuk menyimpan data maupun referensi objek dalam jumlah banyak dan terindeks. Array menggunakan indeks integer untuk menentukan urutan elemen-elemennya, dimana elemen pertamanya dimulai dari indeks 0,elemen kedua memiliki indeks 1, dan seterusnya.


Apa itu Looping ?
Looping jika jabarkan lagi berasal dari kata Loop, artinya lingkaran. Lingkaran memiliki ciri melingkar yang memiliki arti kembali lagi, mengulang.


Looping artinya Perulangan, dari arti ini kita dapat mengamil point awal yaitu looping adalah perulangan. Perulangan seperti apa?



Looping adalah Suatu intruksi untuk membentuk aksi kerja secara berulang pada blok yang sama, dimana didalam blok yang akan diulang ada terdapat statement atau pernyataan.
 


Jika sudah memahami fungsi dari Array dan Looping mari langsung saja kita mulai.


 CONTOH 1 (Membuat Array) :

Buatlah script baru dengan nama BelajarArray




Lalu isi script BelajarArray.cs Seperti gambar berikut.



Kemudian tarik file BelajarArray.cs lalu letakkan "pada Main Camera" 




Jika script sudah kita letakkan pada game object "Main Camera" maka komponen baru akan terbuat dan hasilnya bisa dilihat di tab inspector



Dan jika komponen diisi seperti gambar diatas dan game dijalankan maka akan muncul tampilan seperti berikut





CONTOH 2 ( Membuat Class Array)  :

hal yang kita lakukan kurang lebih sama seperti membuat array sebelumnya pertama buatlah new script dengan nama ArrayClass lalu ubah script seperti ini.



Lakukan hal yang sama pada  script ArrayClass dan letakkan script pada "Main Camera" secara otomatis komponen baru berada pada tab inspector, lalu isi komponen sebagai berikut dan jalankan gamenya.


Dan itulah hasil yang akan muncul jika mengikuti script ArrayClass.



CONTOH 3 ( Membuat Looping )  :

  buatlah new script dengan nama FugsiLooping lalu ubah script seperti ini.



Lakukan hal yang sama pada  script ArrayClass dan letakkan script pada "Main Camera" secara otomatis komponen baru berada pada tab inspector, lalu jalankan gamenya maka hasil yang akan keluar akan seperti berikut.



Sekian tutorial singkat mengenai Array Dan Looping , tunggu update selanjutnya semoga tutorial ini bermanfaat bagi kita semua.



In Collaboration With : Universitas Budiluhur

https://www.budiluhur.ac.id/





Komentar