MENGONTROL BAHAYA
Berikut adalah faktor umum yang dapat mengakibatkan bahaya dalam penggunaan komputer:
- kelebihan atau kekurangan, yang dapat menyebabkan stres atau kelelahan yang tidak
perlu atau berlebihan;
- Repetitiveness yang tidak semestinya, yang dapat menyebabkan ketegangan berlebihan,
monoton atau ketidakpuasan;
- Tekanan waktu yang tidak tepat, yang dapat menyebabkan stres, kelelahan atau
kesalahan;
- Bekerja sendiri tanpa peluang untuk berhubungan dengan orang lain di dalam atau di luar
organisasi;
Memelihara lingkungan kerja sebaik mungkin adalah penting untuk memastikan kesehatan dan produktivitas semua pengguna komputer. bahkan jika Anda telah memilih dan mengatur perabotan dan peralatan komputer dengan benar, masalah kesehatan mungkin masih terjadi jika lingkungan kerja buruk.
Aspek fisik lingkungan kerja yang perlu Anda pertimbangkan termasuk:
- Ruang kerja
1. Tempatkan Layar Komputer Setinggi Mata
Salah satu hal yang seringkali membuat leher sakit adalah posisi komputer yang lebih rendah dari posisi mata ketika Anda duduk. Akibatnya, sepanjang hari Anda terus-menerus melihat komputer dengan menunduk.
Cobalah untuk meninggikan tempat laptop sampai layar sejajar dengan mata Anda. Jika memang meja yang terdapat dalam fasilitas kantor cukup rendah, cobalah untuk menggunakan keyboard bluetooth yang terpisah dari laptop untuk tetap bisa mengetik dengan posisi tangan rileks namun juga leher yang tidak kaku.
Layar laptop atau komputer juga sebaiknya diatur agar sedikit miring ke belakang sekitar 10-15 derajat, sehingga mata Anda tidak terlalu lelah untuk menatap layar laptop.
2. Rapikan Segala Sesuatu
Di meja kerja yang kurang teratur, biasanya akan berserakan berbagai macam alat tulis kantor dari mulai pensil, pulpen, kertas, penggaris, selotip, dan sebagainya.
Adalah hal yang salah jika menurut Anda hal ini tidak memengaruhi produktivitas kerja, karena dengan menatanya lebih teratur, Anda akan lebih mudah menemukan barang yang Anda perlukan serta bisa mengerjakan pekerjaan dengan lebih cepat, sehingga produktivitas pun meningkat.
Oleh karena itulah, cobalah sediakan tempat bagi masing-masing barang yang Anda perlukan, misalnya menempatkan pensil dan pulpen di satu gelas terpisah, kemudian meletakkan kertas dan alat tulis besar pada baki yang sudah didekorasi dengan gaya Anda sendiri.
3. Buat Nyaman Tempat Duduk Anda
Kursi kerja adalah hal penting untuk kenyamanan Anda di kantor, karena tentunya di kursi kerja itulah Anda paling banyak mengurusi berbagai macam pekerjaan yang Ada. Oleh karena itu, modifikasi tempat duduk menjadi tempat duduk ternyaman yang mendukung suasana kerja.
Cobalah menambahkan bantal kursi di bangku Anda, sehingga Anda lebih nyaman dan dapat bersender lebih mudah. Anda juga bisa menambahkan selimut bulu pada permukaan kursi sehingga bagian bokong tidak terlalu pegal akibat dudukan yang keras.
Berpikirlah kreatif dan wujudkan ide-ide Anda untuk membuat bangku kerja lebih nyaman. Jika perlu dan memungkinkan, bisa saja Anda mengganti bangku kerja dengan kursi baru yang lebih nyaman.
- Pencahayaan
Pasang pencahayaan utama dengan sorot yang mencakupi seluruh ruangan
Jika ruang komputer memiliki jendela, bukalah jendela sesekali di pagi hari untuk mengusir bau tak sedap dan mengganti udara dalam ruangan. Kemudian di siang harinya, tutup jendela, namun biarkan tirainya tetap terbuka guna memberikan pencahayaan alami untuk interior ruang komputer. Bila perlu, hadirkan cermin di dinding yang yang berlawanan dengan jendela guna merefleksikan cahaya, sehingga meningkatkan jumlah cahaya dalam ruangan. Dengan cara ini, Anda tak perlu lagi menyalakan lampu di siang hari selama berada di ruang komputer.
Namun, apabila ruang komputer ini juga digunakan di malam hari, maka hadirkan pencahayaan utama yang cukup terang dan nyalanya tersebar ke seluruh ruangan, dan bukan terpusat di satu titik. Untuk memberikan tambahan pencahayaan pada ruang komputer, sebaiknya hadirkan lampu meja untuk setiap komputer, dan atur agar nyala lampu lebih terang dari nyala layar komputer. Cara ini mampu meminimalkan kerusakan atau gangguan pada mata akibat terlalu lama berada di depan komputer.
- Kondisi Atmosfer
teperatur dan kelembaban ruang diatus sedemikian rupa, disesuaikan dengan spesifikasi toleransi kemampuan pelatan kompurer. pengaturan ruangan yang berAC akan lebuh baik karena suhu ruangan akan dapat disesuaikan dengan kondisi komputer.
- Pembenahan Ruang
Di meja kerja yang kurang teratur, biasanya akan berserakan berbagai macam alat tulis kantor dari mulai pensil, pulpen, kertas, penggaris, selotip, dan sebagainya.
Adalah hal yang salah jika menurut Anda hal ini tidak memengaruhi produktivitas kerja, karena dengan menatanya lebih teratur, Anda akan lebih mudah menemukan barang yang Anda perlukan serta bisa mengerjakan pekerjaan dengan lebih cepat, sehingga produktivitas pun meningkat.
Oleh karena itulah, cobalah sediakan tempat bagi masing-masing barang yang Anda perlukan, misalnya menempatkan pensil dan pulpen di satu gelas terpisah, kemudian meletakkan kertas dan alat tulis besar pada baki yang sudah didekorasi dengan gaya Anda sendiri.
Komentar
Posting Komentar